Author: Dulur Baraya
•9/03/2009 05:42:00 AM

Berawal dari kebersamaan yang terjalin di kelas XI - B1. Saat tahun ajaran di kelas XI akan berakhir, ada situs jejaring sosial yang sedang booming yakni Facebook, dan disitulah keluarga XI - B1 memulai sebuah hubungan dunia maya.
Awalnya ikutan Facebook, karena katanya rame. Pas ikutan eh malah ketagihan, sampe akhirnya banyak banget temen-temen kelas yang ikutan, termasuk beberapa anak SMA Pas One lainnya. Kadang-kadang chat, bales wall atau pun saling comment di status orang lain. Saya lagi iseng-iseng pingin ngedit poto pake Photoshop, karena baru aja dapet poto kelas digital yang dipoto di Jonas. Setelah selesai edit, niatnya sih ga akan di masukkin ke facebook dan cuma buat koleksi pribadi doang. Panjang cerita ngedit lah saya 2 buah poto, yang satu berbackground Gedung Merdeka dan yang satu lagi tulisan di papan potonya dipindahin ke atas semuanya. Kemudian saya masukkin ke album facebook, saya tag temen-temen yang ada di poto itu. Meskipun poto nya ga bagus, tapi alhamdulillah bisa diterima sama temen-temen, malahan banyak yang ngisi comment, malahan poto yang kedua commentnya di atas 100 (stress lah saya karena notification pernah sampe 26). Karena mungkin saking banyak yang comment di poto itu, sampe-sampe ada juga yang ngobrol ngaler-ngidul. Dari situlah ada ide untuk memanfaatkan aplikasi yang dibuat oleh facebook, yaitu grup. Akhirnya buat deh tuh grup kelas di facebook, namanya Dulur Baraya XI - B1. Saya invite semua temen di kelas buat gabung grup itu. Dan Alhamdulillah lagi, grup itu cukup diterima sama temen-temen kelas. Awal-awalnya grup masih sepi, tapi lama kelamaan lumayan rame lah meskipun ga semua gabung karena ada yang ga punya facebook dan sekarang (tercatat tanggal 3 Sept 2009) pun jumlah wall posting grup udah 400 lebih, member dah di atas 35, poto dah di atas 120, tapi video baru masang 2 ( maklum jarang ada yang pake video ). Pas baca lagi posting-posting grup dari awal, ternyata seru juga ( beneran, boleh dicoba ). Ada yang ngobrol waktu ke dufan, ada juga yang ngobrolin kalo kelas kita nanti bakal pisah ( ini yang paling seru ), ada juga yang ngobrolin tugas, dan lain sebagainya. Cukup banyak yang juga nge upload poto ke grup, makin seru tuh grup. Kategori grup itu alumni groups, karena kita semua adalah alumni XI - B1, awalnya banyak yang sedikit bersedih karena kelas kita akan dipecah, dan akhirnya kelas kita ga dipecah, kita pun sekelas lagi di kelas XII - B4. Meskipun ada 3 orang yang berganti, namun itu tak mengurangi kebersamaan di kelas. Sampe akhirnya ada salah satu teman, yang punya ide untuk membuat grup lagi buat murid XII - B4, tapi saya tolak ide itu karena yang menjadi anggota grup orangnya pasti sama dan saya pun tak ingin berganti nama grup, karena dari kelas XI - B1 lah awal kebersamaan semua dulur baraya di kelas. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan saya mutusin, buat nambah nama grup jadi Dulur Baraya XI - B1 Ploes ( terinspirasi dari Koes Ploes ), karena ditambah 3 orang yang baru. Meskipun ada beberapa yang kurang setuju, namun saya ngambil keputusan mayoritas, dan resmilah berganti nama menjadi Dulur Baraya XI - B1 Ploes.
Kehidupan di grup kian berlanjut dan kian seru, ditambah beberapa poto-poto terupdate dan beberapa video. Kemudian ada mengisi wall post, " apa lagi yang kurang di dulur baraya ? ". Saya iseng-iseng aja jawab " yg kurang dari dulur baraya XI-B1, yaitu blom punya website resmi ". Eh, dia malah serius menanggapi jawaban iseng itu, bahkan ada yang ikut setuju. Akhirnya coba-coba deh saya buat website. Dimulai dari daftar account website di co.cc, sampe daftar web hosting di 000webhost.com. Cukup sulit juga ternyata membuat website, padahal udah ada yaitu dulurbaraya-behiji.co.cc., karena kesulitan untuk mengedit website, meskipun udah googling, rungsing saya dan males ngedit lagi. Singkat cerita tuh website, jadi agak terbengkalai deh. Saya mikir lagi disitu, ternyata sayang kalo ide yang pernah tercetus itu ditinggalkan begitu saja, akhirnya saya pun buat "website" di blogspot.com untuk Dulur Baraya XI - B1 Ploes. Karena sebelumnya dah pernah buat blog di blogspot buat tugas komputer waktu kelas XI, jadi ga terlalu susah dan sulit, meskipun masih banyak yang ga bisa. Setelah terbuat dulurbaraya-behiji.blogspot.com, saya berusaha ngedit blog itu agar terlihat pantas untuk dulur baraya. Ganti template aja sampe 3 kali, supaya keliatan sedikit bagus ( karena kalo templates yang bagus harus beli pake dolar ), ditambah beberapa fitur yang udah disediain sama blogspot nya, kemudian googling lagi deh buat nambah beberepa fitur yang memadai bagi kelangsungan kehidupan dulur baraya di dunia digital. Beberapa hari saya berusaha ngedit blog sedikit dibantu sama kakak, dan minta masukkan dari beberapa teman di kelas buat fitur-fitur nya. Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan, akhirnya blog ini tercipta untuk Dulur Baraya XI -B1 Ploes dengan nama dulurbaraya-behiji.blogspot.com. Meskipun masih banyak yang kurang dari blog ini, dan saya pun meminta masukkan untuk kemajuan dulurbaraya-behiji.blogspot.com

Semoga blog ini dapat menjadi inspirasi untuk menambah kebersamaan kita semua dan berusaha untuk menciptakan hubungan digital, sehingga kita bisa menjadi Cyber Class of Pas One.

This entry was posted on 9/03/2009 05:42:00 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: